Sabtu, 05 November 2016

Belajar dari Pisang dan Ikan Salmon


            Pisang adalah pohon yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya buahnya yang dapat kita makan tetapi mulai dari tunas, batang, daun dan jantung pisang juga memberikan manfaat bagi kita. Walaupun pisang bukanlah pohon yang cantik dan kokoh seperti pohon beringin, pohon cemara, dan lain-lain namun pisang memiliki banyak manfaat yang tak dimiliki pohon lain.
Taukah sobat tentang filosofi pohon pisang ?? Sobat harus tahu karena kita akan belajar hidup dari pohon pisang. 
Pisang memang bukanlah pohon yang kokoh, tetapi dia merupakan pohon yang tak pernah menyerah sampai destiny dia tercapai. Destiny yang dimana dia akan memberikan hasil yang terbaik dari apa yang dia mampu berikan kepada pemiliknya yaitu buah yang manis dan enak serta tunas. Tahukah kamu sobat, pohon pisang tidak akan mati walaupun kita beberapa kali menebang pohon dan daunnnya. Tapi, dia slalu berharap untuk tetap tumbuh terus tumbuh sampai dia berbuah dan bertunas karena dia memiliki komitmen “Aku tidak akan mati walaupun manusia menebangku sesering apapun, karena pada waktunya nanti aku akan mati sendiri setelah aku berikan yang terbaik dari apa yang kupunya untuk pemilikku”. 

Apakah sobat tahu, ada makhluk hidup lain yang memiliki filosofi yang serupa dengan pohon pisang, yaitu ikan salmon. Ikan salmon tak pernah lahir di tempat yang berbeda. Mereka lahir di tempat mereka berasal. Seekor salmon yang sedang hamil akan kembali ke tempat dimana dia lahir alias “kampung halaman”. Ikan salmon yang hamil berjuang mengarungi laut, menerjang derasnya ombak dan predator-predator yang siap memangsanya. Namun dia tetap percaya dan slalu berharap bahwa dia beserta calon anaknya selamat sampai tempat tujuan. Karena dia tahu sang Pencipta bersamanya.
Dari filosofi di atas apakah yang bisa kita ambil ??
Yups,ada 2 hal yang dapat kita petik dari filosofi di atas. Yang pertama adalah belajar untuk terus berharap kepada Tuhan walaupun kita sudah berada dititik kejenuhan dimana apa yang kita impikan belum tercapai. Tapi percayalah, Tuhan tak akan memberikan rancangan kecelakaan kepada kita. Tuhan hanya berusaha untuk mendidik kita untuk lebih kuat seperti baja dalam menghadapi setiap rintangan dan cobaan yang kita alami dikemudian hari. Pelajaran yang kedua adalah tetap berjuang dan jangan sampai putus asa walaupun kegagalan sering kita alami. Tetaplah berjuang sampai kita memberikan hasil yang terbaik dari apa yang kita bisa berikan kepada sang Pencipta kita. Karena kita diciptakan bukan hanya untuk GALAU, berMALAS-MALASAN, BERKELAHI, DEMO sana sini yang ujungnya merusak fasilitas umum, GOSIP, BOLOS sekolah ataupun kegiatan yang tak memiliki manfaat.
Jangan pernah takut untuk terus mencoba dan berusaha. Jangan pernah takut apa yang akan diperbuat orang lain terhadapmu. Jangan pernah takut terhadap apa yang akan terjadi esok hari. Percaya sajalah kepada Tuhan karena Dia yang pegang kendali penuh hidupmu. Dan sejak kamu dilahirkan di dunia ini Tuhan sudah menuliskan kisah dan destiny hidupmu. Tapi DESTINY itu TIDAK akan bisa kita raih jika TIDAK di KEJAR dan jika kita MUDAH MENYERAH. Jangan melepaskan begitu saja untuk apa yang bisa kita raih hanya dengan SATU LANGKAH saja. 
“Sebab TUHAN Mengetahui Rancangan-Rancangan Apa Yang Ada Pada Kita yaitu Rancangan DAMAI SEJAHTERA dan BUKAN Rancangan KECELAKAAN, Untuk Memberi Kita Hari Depan Yang Penuh HARAPAN :)



#youthfire                   #Don’t_GIVEUP
#God bless you          #Hope_Fight
#Destiny
#Jangan_Takut_GAGAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar